Takut Tampil

//Takut Tampil
Takut Tampil 2019-07-20T13:06:16+07:00

Adalah suatu keadaan dimana sebenarnya seseorang takut untuk menjadi pusat perhatian.

Segala permasalahan di saat ini pasti punya akar masalah, yaitu peristiwa-peristiwa spesifik yang terjadi di masa lalu, umumnya di masa kecil. Kemudian perisitiwa-peristiwa spesifik tersebut terekam sebagai trauma untuk dihindari di memori alam bawah sadar. Karena sifat pikiran selalu menghindari momen-momen yang dimaknai sebagai pain (rasa sakit emosional ataupun fisik) maka seseorang yang mengalami masalah ini akan merasa sangat tidak nyaman saat harus menjadi pusat perhatian orang banyak, misal disuruh bicara di depan umum. Jika peristiwa pembentukannya sangat traumatis maka orang tersebut akan berusaha dengan segala cara untuk menghindari jadi pusat perhatian orang banyak.

Umumnya akar masalah yang menyebabkan seseorang begitu takut tampil di depan umum adalah peristiwa spesifik di masa lalu dimana seseorang mengalami kejadian yang memalukan, atau di peristiwa yang jadi akar masalahnya seseorang disalahkan atau dimarahi oleh figur otoritas.

Dalam sesi terapi, rasa takut untuk tampil di depan umum akan ditelusuri peristiwa-peristiwa spesifik yang menyebabkannya. Lalu emosinya dinetralisir dan makna dari perisitwa-peristiwa tersebut diubah. Makna peristiwa hanya akan efektif berubah jika emosi negatif yang jadi sumber kekuatannya dinetralisir lebih dahulu. Setelah terjadi perubahan makna dari peristiwa-peristiwa yang jadi akar masalah di alam bawah sadar, maka seseorang akan mengalami perasaan dan sensasi positif saat tampil di depan umum.