FAQ

/FAQ
FAQ 2019-07-21T11:29:52+07:00

Hal yang sering ditanyakan

Kondisi hypnosis adalah kondisi kesadaran yang terjadi ketika seseorang terfokus sepenuhnya pada masalahnya. Seseorang jadi mendalami sepenuhnya masalahnya (yang biasanya dicoba untuk dihindari dengan cara berpikir positif atau melupakan), sehingga emosi dan pemikiran negatif yang dialami terhubung dengan momen momen penting dalam hidup yang menyebabkan permasalahan di saat ini.

Klien hanya perlu mengalir menceritakan masalahnya, menerima dan mengakui serta sadar sepenuhnya akan masalahnya. Yang penting juga adalah klien perlu menghindari berpikir positif akan masalahnya, karena justru yang akan dibereskan adalah emosi negatif dan pemaknaan negatif yang dipicu oleh masalahnya. Jika klien mencoba berpikir positif (mungkin terbiasa mencari hikmah dari kejadian negatif), maka justru jalur trauma yang menjadi sumber kekuatan suatu masalah akan sulit ditemukan dan dibereskan.

emua masalah apapun yang disadari sebagai masalah dan ingin diselesaikan. Karena pikiran manusia sifatnya seperti computer yang diisi operating system dan aplikasi. Operating system adalah citra diri yang terbentuk dari peristiwa-peristiwa penting dalam kehidupan seseorang. Sedangkan aplikasi bisa diibaratkan sebagai nilai-nilai kehidupan, belief system serta trauma-trauma yang terjadi dalam kehidupan seseorang. Citra diri sangat penting untuk menjalankan nilai-nilai kehidupan serta belief system. Jika citra diri bermasalah karena ada trauma-trauma, maka nilai-nilai kehidupan dan belief system penting tidak akan dapat berjalan baik.

Seperti hal nya computer, maka aplikasi yang bermasalah (baca: trauma-trauma yang mengganggu kehidupan seseorang) dapat dibereskan (di uninstall dan di re install yang lebih baik).

Namun untuk jelasnya saya berikan daftar permasalahan yang telah saya bantu selesaikan melalui sesi terapi :

  • Kecemasan tinggi general atau spesifik (anxiety attack)
  • Tidak percaya diri
  • Konflik batin antara mau/harus melakukan sesuatu tapi terkendala oleh sesuatu (misal harus bicara depan umum tapi tidak percaya diri tampil di depan umum)
  • Masalah rumah tangga termasuk perselingkuhan dan perceraian
  • Kecanduan : game, seks, minuman keras, rokok, judi, dll
  • Permasalahan fisik : migraine, tinnitus (telinga berdenging), menopause dini, kista, miom, sakit maag, dan banyak symptom fisik lainnya
  • Permasalahan seksual
  • Performa tidak maksimal (dalam karir, finansial, olahraga)
  • Serangan panik (panick attack)
  • Perilaku yang tidak bisa dikendalikan misal : Obsesive Compulsive Disorder, latah, mencuri (kleptomania), kecenderungan menyakiti diri sendiri atau orang lain, dan lain lain

Bullying atau pelecehan, baik korban maupun pelaku (pelaku dalam hal ini yang dimaksud adalah pelaku pelecehan yang sadar dan ingin berhenti namun tidak bisa berhenti)

Phobia kepada objek, keadaan atau orang tertentu

Tidak ada jaminan apapun yang bisa atau boleh diberikan, karena menjalani sesi terapi seperti pergi ke dokter spesialis. Tergantung pengalaman dan kerjasama dokter dan pasien (baca: terapis dan klien) dalam penanganan masalah yang dihadapi. Namun karena pengalaman sebagai terapis (jam terbang tinggi, saya telah menterapi sekitar 2.000 klien sejak akhir tahun 2008 dengan berbagai permasalahan) maka umumnya klien terbantu mengatasi masalahnya dan mencapai tujuannya.

Perlu diajak bicara dari hati ke hati. Tapi jangan katakan masalah yang dilihat orang pada dirinya sebagai masalah, melainkan sampaikan tentang rasa tidak nyaman yang dialami orang tersebut dalam keadaan keadaan spesifik.

Contoh : seorang anak yang kecanduan game. Kecanduan game adalah hal yang menyenangkan bagi anak yang bersangkutan, kecuali jika anak tersebut mengalami konflik batin. Artinya bagi anak tersebut belajar juga penting namun dia susah mengendalikan kecanduannya. Jika anak konflik batin antara kecanduan game dengan keinginan belajar yang kuat maka bisa langsung disampaikan bahwa kecanduan game itu bisa diatasi melalui sesi terapi karena ada akarnya.

Tapi jika anak yang tidak menyadari, maka orang tua perlu menyadarkan anak dengan mengajak bicara saat mood atau kondisi anak sedang senang atau minimal netral (jangan saat anak sedang dalam keadan alami emosi negatif seperti marah, dll). Sampaikan perilaku anak tersebut suatu saat bisa menimbulkan masalah pada dirinya sendiri. Bicara pada anak sesuai usia dan pemahaman serta level kesadaran anak.

Bisa, dengan syarat orang yang diminta untuk di terapi juga mau di terapi karena merasa terganggu dengan masalahnya atau sadar bahwa dirinya mempunyai masalah tertentu yang ingin diselesaikan.

Bagaimana jika tidak sadar atau tidak mau? Maka tidak bisa. Harus dilakukan pengkondisian dulu.

Artinya jika anak kecanduan game, orang tuanya perlu bicara dari hati ke hati akan masalah yang dilihat orang tua ada pada diri anak. Demikian pula jika orang yang dilihat bermasalah adalah orang lain, perlu bicara dari hati ke hati dulu dengan orang tersebut.

Dalam sesi terapi tidak terjadi momen ketidak sadaran seperti banyak persepsi salah di masyarakat. Dalam sesi terapi yang terjadi adalah justru klien masuk ke dalam level kesadaran yang semakin dalam, termasuk sadar akan masalah, sadar akan jalannya pikiran negatif saat alami masalah, serta bisa menemukan momen momen spesifik dalam kehidupan saat akar masalah terjadi.

Yang dilakukan dalam sesi terapi adalah menetralkan emosi negatif yang muncul di momen momen memori spesifik dalam kehidupan (menggunakan teknik EFT atau lainnya). Setelah emosi negatif dinetralkan, makna yang tadinya negatif
terhadap peristiwa yang terjadi pun bisa berubah menjadi lebih positif dengan pemahaman yang lebih tinggi. Sehingga saat hadapi lagi masalah tersebut dan mengammbil keputusan berdasarkan pikiran lebih tenang dan jernih serta bijak.

Karena selain hipnoterapi saya juga menggunakan EFT (Emotional Foredoom Technique) sebagai teknik terapi, maka dimungkinkan terapi dilakukan jarak jauh. Umumnya menggunakan video call, asal di tempat klien berada sambungan internet atau paket data cukup mendukung.

Dalam kasus-kasus khusus jika klien berhalangan secara fisik atau mental untuk datang ke klinik, maka hal tersebut dimungkinkan. Tentunya ada tambahan biaya juga ditambah biaya transportasi (umumnya menggunakan taksi online atau ojek online yg bisa diperhitungkan biaya pastinya).

Sangat bervariasi tergantung masalahnya, namun umumnya butuh sekitar 3x pertemuan/sesi untuk atasi tiap masalah spesifik.

Saya praktek tiap hari dengan perjanjian (hari minggu dan hari libur nasional tdk praktek), pagi mulai pk.08.30, siang mulai diatas pk.14.30 sampai maks kedatangan pk.18.00.

WALAUPUN HIPNOTERAPI MERUPAKAN SUATU BENTUK TERAPI YANG SANGAT EFEKTIF TAPI SAMA SEKALI TIDAK ADA JAMINAN KESEMBUHAN ATAUPUN JAMINAN TUJUAN KLIEN MENJALANI HIPNOTERAPI PASTI TERCAPAI. HIPNOTERAPI SAMA SEPERTI BENTUK BANYAK TERAPI ALTERNATIF LAINNYA ADALAH SUATU BENTUK KONTRAK UPAYA BUKAN KONTRAK HASIL. BANYAK FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESUKSESAN SEBUAH SESI HIPNOTERAPI, SEPERTI : KESIAPAN KLIEN UNTUK BERUBAH, PENGERTIAN DAN PEMAHAMAN KLIEN AKAN PETUNJUK-PETUNJUK DETIL YANG DISAMPAIKAN TERAPIS, DAN BANYAK LAGI FAKTOR LAINNYA.